Mungkin, buat webmaster lain atau istilah kekiniannya master SEO lain, mendapatkan visitor 500k sampai 1 juta uv/day itu biasa, namun tidak bagi orang sekelas ane. Untuk pertama kalinya ane melihat visitor online di blog ane sendiri sampai 600 orang dalam satu waktu.

Terkejut? Jelas, ini pertama kalinya sih dapet beginian, hanya dari Pikachu dkk. Berawal dari sebuah postingan berita, dimana ane yang pertama kali posting disitu. Terus ane posting terus perkembangan berita topik itu, visitor meningkat dari yang awalnya visitor asli 2k, meningkat keesokan harinya jadi 6k. Kemudian keeokan harinya lagi meningkat 19k, Lalu menyentuh 36k hingga akhirnya sampai ke 60k

Hari ini ane melihat sekali seumur hidup ada blog, dimana orang yang online mencapai 600 orang dalam satu waktu, dan itu blog ane sendiri.

Beruntung? jelas, ane merasa rizki luar biasa datang dari Allah. Mungkin berkah setelah ramadhan kali ya, bisa dibilang Ramadhan kali ini adalah ibadah ane yang paling maksimal seumur hidup.

Tapi bukan tanpa hambatan. Jadi, waktu visitor ane 6k, server atau VPS ane yang speknya RAM 1GB, vSwap 512MB, CPU Intel Xeon Quad-core 3,x GHz, gak sanggup nampung visitor yang saat itu lagi online 100 - 200-an orang. RAM VPS ane full, sampe ane harus upgrade ke RAM 2GB.

Besoknya, visitor ningkat lagi nih, ke 19K, RAM 2GB Alhamdulillah masih kuat nampung visitor segitu, ane masih tenang.

Rupanya belum selesai, besoknya lagi visitor naik lagi ke 36k, yang online kira2 300-an orang. RAM udah gak sanggup, grafiknya full. Dengan blog yang udah sering error established database connection, juga 500 internal server error, ane akhirnya upgrade ke RAM 3GB.


Gak lama setelah upgrade ke RAM 3GB datanglah email dari penyedia VPS-nya bahwa penggunaan CPU udah terlalu tinggi, VPS di shutdown penyedia hosting untuk menstabilkan inodes. Ane mikir "lah percuma dong ane upgrade tadi?"

Akhirnya ane pake juga tuh W3 Total Cache, plugin yang sebenarnya "wajib" bagi para pemain Gnews namun gak pernah ane pake lantaran konon katanya ngelanggar TOS GA karena mengubah kode Adsense. Ane pasang tuh plugin tapi gak ngaktifin fitur Minify, karena fitur ini yang ngubah kode Adsense.

Alhasil CPU Usage turun juga, besoknya pun terulang lagi. Kali ini dengan visitor naik ke 60k dengan visitor online 300 - 400-an orang. Cuma CPU paling masih separuh, masih oke lah. RAM-nya juga begitu. Ane pikir, mantap juga nih plugin W3 Total Cache.

Hari ini, naik lagi. Visitor online sampe 600 orang gitu. Waduhh... ane lihat di panel hosting, CPU 100% RAM 95%. Gilee.... 


Disini ane bimbang,, mau nulis postingan lagi apa enggak. Soalnya kalo nulis postingan, visitornya pasti makin nambah lagi. Bisa diusir ane sama yang punya kontrakan, eh.. VPS.

Ada gak nih yang mau minjamin hosting?

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Ryan Friska Arisandhi's Personal Blog / Template by : Urangkurai