بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sebelumnya ane nyebut nama Allah SWT dulu karena tanpa seizinnya, target ane yang bisa dibilang gak kecil ini (bagi orang sekukuran ane) gak akan pernah terwujud.

Jadi ceritanya gini, ane saat ini tinggal di rumah orang tua, belum nikah, karena memang lagi asik ngepet online aja, jaga laptop online. Biasalah, namanya juga Internet Marketers (IM), mana ada IMers yang sering-sering keluar rumah. Kebanyakan pasti jaga lilin, eh... laptop.

Jadi suatu ketika (yang baru terjadi hari ini), karena orang tua ane masih udik, yang gak ngerti prospek bisnis online ini (bukan MLM atau investasi bodong loh ya), ya ane pun didorong-dorong buat cari kerja. Bokap mandor di Pabrik Minyak Kelapa Sawit, jadi dia tanya-tanya sama manager dan asisten, kali ada lowongan. 

Sejujurnya, ane males banget kerja karena penghasilan ane dari internet cukup lah buat nyambung hidup. Ane sendiri lulusan D-III jurusan Teknik Mekanik Industri, jadi memang pas banget buat kerja di pabrik minyak begitu. Cuman sejak kenal IM ane rada males gitu kerja dibawah pimpinan orang lain, apalagi jadi kuli perusahaan luar. Mending jadi kuli negara, kayak PNS atau kerja di PT PN (Perkebunan Nusantara) gitu deh, ikut mbangun negara. (Masuk BUMN atau jadi PNS pun sekarang kalo gak ada orang dalam, harus sogok belasan sampai puluhan juta loh).

Nah, jadi tibalah saat dimana orang tua ane ngomong, ada kerjaan jadi kontraktor di pabrik, kerjanya bikin boiler. Karena ane belum ada pengalaman kerja, dan ane pingin dikit-dikit bikin seneng orang tua, ya ane ikut aja kemauan orang tua.

Berhubung ane gak ngerti sama istilah "kontraktor" itu kerjanya ngapain ya ane oke-oke ajalah. Ane bingung juga kerjanya apa, ehh... ternyata jadi kuli bangunan. Kerja kadang sampe 20 jam ngangkatin semen, kapok ane, badan mau rontok.

Jadi dalam beberapa hari kerja ini ane ketemu teman lama ane di pabrik yang udah jadi karyawan di situ. Busett... ane kena remehin banget. Ada dua orang yang paling ngeremehin (ane kenal, tapi gak begitu dekat sama dua orang ini). Yang satu ngomong:


  • Teman ane: Kerja apa disini (pabrik) ?
  • Ane: Jadi kontraktor
  • Teman ane: Ya mendinglah dari pada nganggur di rumah (dia mikir ane nganggur, ya emang gak salah. Tapi kan nganggur berpenghasilan)
  • Ane: Aku gak nganggur, di rumah ngegarap bisnis online
  • Teman Ane: :ketawa:
  • Ane: Ebussett... ini orang kampret bener.


Selang beberapa hari ane ketemu teman ane yang kedua (Teman ane yang diatas jelas kenal teman ane yang satu ini, karena masih satu perusahaan):


  • Teman Ane: lagi naik CB150 ngebonceng orang dengan PeDe-nya
  • Ane: Lagi jalan mau pulang dengan pakaian lusuh dan bau keringat, biasalah kerja rodi.
  • Teman Ane: Kau kerja dimana yan? (buset, dia udah tau baju ane lecek di pabrik itu, pake ditanya lagi. Kalo udah  tau gak perlu ditanya kan?)
  • Ane: Disini (pake nada kesel plus capek)
  • Bersambung...


Terus pas nyampe di POS pabrik, dia tanya  lagi


  • Teman ane: Kau kerja dimana yan? (buset, suara ane yang tadi ketabrak truk apa sampe dia gak ngedenger?)
  • Ane: di pabrik jadi kontraktor (buset, kalo bisa ane tonjok tuh orang)
Ngeselin bener dah, ane ini orangnya memang sederhana, ane sampai detik ini gak beli motor, cuma minjem motor orang tua. Bukan karena apa, tapi karena ane orangnya pendiem, pemalu (lebih pemalu dari rumput putri malu), dan jarang keluar rumah. Beli motor buat apaan coba? Gak kepake, toh masih ada motor orang tua (orang tua pegi2 sering bawa mobil, jadi ane yang bawa motor Supra X 125 lawasnya). Mending uangnya ditabung buat beli tanah atau rumah. Bersambung ke Season 2.

Season 2


Jadi di season 2 ini, ane kesel sama mandor kontraktor itu. Dia make2 motor ane, tapi ngebalikinnya lama banget. Udah sejak beberapa hari kerja, kalo minjem lamanya minta ampun. Make motor jaraknya bukan dekat, eh gak pernah (minimal) mbeliin bensin. Siapa yang gak kesel coba? 

Dari berbagai sumber, kayaknya dia denger kalau ane gak suka dia make motor ane. Tanda-tandanya udah ada, udah ditunjukkin sama dia. Cuma gak perlu diceritain, tar curhat ane jadi 30 juzz nih.

Tibalah kemarin, tepat 2 minggu ane kerja ikut dia bangun landasan boiler sekaligus hari terakhir ane kerja. Saat itu dia lagi mabok minum tuak dekat rumah ane rame2 sama temannya.  Tuh motor dia pake minum tuak (yang mulangin ke ane sohibnya). Ane terima dalam kondisi cacat. Rem kakinya udah bengkok kebelakang mepet ke footstepnya, jadi susah .di injek


Ane yang capek abis pulang kerja (sementara dia enak-enakan minum tuak) dengan santai naik motor, tiba-tiba di panggilnya. Dari kejauhan ane lihat sambil mikir: "buset, lagi mabok tuh orang". Dengan mata merah, dia ngomong:

  • Mandor: Besok, gak usah datang lagi (kerja) la kau ya. Berapa HK udah kau kerja? (pake logat batak, karena mandornya orang batak marga butar-butar). 
  • Ane: ane mikir "buset, mau mecat gak perlu di tengah2 orang banyak gini juga kali, sialan amat sih lu"
  • Mandor: Ini gajimu, atau ku kasih aja di rumah (rumah dia) atau disini? Disini aja lah ya.
Setelah itu dia pake lah alasan mecat ane karena kondisi keuangan lagi kritis. Ane mikir, "keuangan lagi kritis atau lu gak seneng sama ane karena ane gak seneng minjemin lu motor?"

Dikeluarkannya lah uang. Ya ane terima, pengennya sih namparkan uang itu ke muka dia. Tapi ane mikir, berurusan sama orang mabok ini bisa runyam ujung2nya. Apalagi mereka rame gitu. Salah-salah ane dibacok.

Akhir Cerita


Nah dari dua alasan itu, pertama karena diremehin sama temen sepermainan ane dulu. Terus kedua karena ane merasa harga diri ane di injak-injak sama mandor kontraktor itu, kesel juga lah ane. Ane dalam diri bertekat, sekaligus masang target kalau dalam waktu dekat ane beli tuh motor CBR250RR. 


Memang, gak bisa langsung kebeli karena earning ane belum nyampe Rp 100 juta per bulan, tapi Insya Allah lah, kalau Allah menghendaki.

Kalo target motor dah tercapai, ane pasang target selanjutnya beli tanah disekitar situ, bangun rumah. Syukur-syukur mampu bangun rumah yang gede dan menjulang tinggi, biar pada tau siapa yang mereka remehin kemarin itu.

Perkembangan ceritanya bakal ane update selanjutnya.





Sumber: Honda

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Ryan Friska Arisandhi's Personal Blog / Template by : Urangkurai